Senin, 09 Januari 2023

MATERI TEKS BERITA : MENGENALI UNSUR TEKS BERITA

    Teks berita diajarkan di kelas 8 semester ganjil. Materinya adalah unsur-unsur teks berita, struktur teks berita, kebahasaan teks berita, dan menulis teks berita. Pada kesempatan ini kita bahas cara menemukan unsur sebuah berita yang kita baca.

Di dalam teks berita, harus mengandung unsur berita yang lengkap yaitu 5W+1H (What, Who, Where, Why, When, How). Di bawah ini akan dijabarkan maksud dari 5W+1H.

a. What (Apa)
    Unsur-unsur teks berita yang pertama adalah what atau apa. What atau apa, ini biasanya berisi nama atau identitas apa yang sedang atau telah terjadi dalam suatu peristiwa atau kejadian.

b. Who (Siapa).
    Unsur-unsur teks berita yang kedua adalah who atau siapa. Biasanya, who ini berisi mengenai siapa saja yang terlibat di dalam suatu kejadian atau peristiwa di dalam teks berita tersebut. Selain itu, who juga biasanya menyebutkan siapa tokoh utama yang menjadi sorotan berita.

c. Where (Di mana)
    Unsur-unsur teks berita yang selanjutnya adalah where. Where ini menyatakan lokasi atau tempat terjadinya suatu peristiwa atau kejadian di dalam teks berita tersebut.

d. When (Kapan)
    Unsur-unsur teks berita yaitu when berisi waktu dari kejadian atau peristiwa yang sedang atau telah dilaporkan di dalam teks berita.

e. Why (Mengapa)
    Unsur-unsur teks berita why ini berisi mengapa atau alasan apa yang membuat peristiwa atau kejadian tersebut terjadi. Unsur ini biasanya mencakup detail mengenai penyebab dari suatu peristiwa tersebut terjadi.

f. How (Bagaimana). Unsur-unsur teks berita di dalam syarat kelengkapan berita yang terakhir adalah how, yang mana berisi mengenai bagaimana keadaan atau proses terjadinya kejadian atau suatu peristiwa tersebut.

Nah, sekarang baca teks berita yang diambil dari https://smpn2jabung.sch.id/read/45/diklat-regu-inti-pramuka-janeda berikut.

DIKLAT REGU INTI PRAMUKA JANEDA



    Sabtu (17/12/2022) Pagi belum sepenuhnya beralih siang di doorway tampak Ibu Nurus mengenakan seragam Pramuka lengkap. Ada acara apa gerangan? Ternyata Yang berseragam Pramuka tidak hanya beliau, tampak pula Bu Ninik dan Bu Umul. "Ada acara diklat regu inti Pramuka, nanti juga kemah, menginap pulang besok," tutur Bu Umul menjelaskan. Sesuai rencana, Bapak Ibu Guru menghadiri upacara pembukaan diklat regu inti sekaligus persami di sela-sela acara classmeeting di luar aula. Terlihat di antara yang hadir beberapa wajah baru. "Ya, ada Kak Alex, Kak Rika, Kak Izan, dan Kak Gembul dari SMP Wagir 2. Mereka alumnus SMP Wagir 2." jelas Bu Umul saat dikonfirmasi Yunita, perwakilan J-Pers."Kedatangan mereka sebagai narasumber materi Kepramukaan dan ada latihan juga." imbuh Bu Umul. Dalam upacara Pembukaan Diklat itu Ibu Kepala Sekolah memberi wejangan agar para regu inti yang sudah siap mengikuti acara tersebut tetap dan selalu menghidupkan jiwa Pramuka hingga lulus sekolah nanti, bahkan sampai tua nanti, tidak ada batasannya.

Selepas acara ini, giliran Naica yang mewakili tim J-pers mewawancarai salah satu kakak pembina undangan, Kak Izan. Kak Izan berpesan bahwa anak-anak harus menjadi lebih baik lagi setelah kegiatan ini dari segi apapun, kedua tetap jaga kesolid-an dan kekompakan di Pramuka setelah pelantikan dewan galang, ketiga materi yang di berikan oleh kakak-kakak pembawa materi harus selalu diingat dan dipelajari lebih dalam lagi agar bisa menjadi lebih baik ke depannya dan bisa memajukan Pramuka di SMPN 2 Jabung. Selama diklat dewan galang di Jabung Kak Izan juga merasa terkesan, Ia merasa sangat senang dengan attitude dan kedisiplinan dan kekompakan anak-anak karena cepat paham materi yang diberikan. Intinya acara telah berjalan lancar dan sangat seru, tidak bisa dilupakan. Terimakasih, Kakak-kakak Pembina dari Wagir.

Unsur berita dalam teks berita di atas adalah:

Apa yang terjadi?
Pelaksanaan Diklat Dasar dan Pengukuhan Dewan Penggalang di SMP Negeri 2 Jabung.

Siapa (yang terlibat di dalamnya)
Para anggota tim regu inti Pramuka pangkalan SMP Negeri 2 Jabung sebagai peserta, kakak pembina dari SMPN 2 Wagir sebagai narasumber materi, dan Ibu Nurus sebagai kepala sekolah yang membuka   acara diklat tersebut.

Di mana peristiwa itu terjadi?
Di SMP Negeri 2 Jabung

Kapan peristiwa itu terjadi?
Sabtu dan Minggu, 17 dan 18 Desember 2022

Mengapa peristiwa itu terjadi
Acara tersebut dilaksanakan karena sudah diagendakan dalam program sekolah, khususnya ekstrakurikuler Pramuka.

Bagaimana peristiwa itu terjadi?
Acara berjalan lancar dan seru. Dimulai dengan pembukaan, kemudian pemberian materi secara terjadwal, malam diadakan acara api unggun, esok paginya olahraga dan permainan yang menyenangkan, dan siang ditutup dengan upacara penutupan. 

Nah, semoga tulisan ini membantu siswa kelas 8 khususnya untuk mengenali unsur-unsur teks berita.

0 comments:

Posting Komentar